2.16.2009

Membuat read more (baca selengkapnya)

Sebagaimana kita ketahui bahwa Blogspot tidak menyediakan fasilitas read more atau page break dalam penulisan post. Namun, bukan berarti kita tidak bisa membuatnya sendiri, bahkan kita bisa menggantnya dengan tulisan Baca Selengapnya, Detail, Read More, dsb. Inilah uniknya blogspot (blogger), kita bisa edit template bawaan, yang penting kita mau sedikit bersusah-susah mengedit code HTML.

-sigup terlebih dahulu..
-masuk ke tatletak
-pilih edit html pastinya,
-beri tanda centang pada Expand Template Widget
-cari code berikut <p><data:post.body/></p> biar mudah
klo loe pake firefox tekan aja ctrl+f trus masukin code nya..
-trus loe copy kode berikut !! dan letak diatasnya

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>

-kata yang berwarna merah " read more.."bisa loe ganti dengan kata terserah loe..misalnya Baca selengkapnya....
-trus simpan template,
-kemudian loe masuk pada "pengaturan" or "setting"
-trus pilih tabmenu format
-copy code berikut !!

<span class="fullpost">

</span>

-letak codenya di dalam Template Posting
-simpan setelan
-Ketika memposting, kan disana ada 2 tab pilihan tuh, yang "Compose" dan "Edit Html", Nha km pilih Yang "Edit HTML", Maka secara otomatis akan tampak kode seperti berikut :

<span class="fullpost">

</span>

-Letakkan abstraksi posting atau artikel yang akan ditampilkan dihalaman utama (sebelum tulisan "Redmore") diatas kode ini : <span class="fullpost"> sementara sisanya yaitu keseluruhan posting letakkan di antara kode <span class="fullpost"> dan </span>
-finish.....

66 comments:

  1. duh.......bingung tauk!!
    Ynag ada bukannya data:post.body (bla...bla..bla)
    tapi post.body p

    Dari kpn tau dah cari2 ga ada... :(

    ReplyDelete
  2. iya bener post body blog ku gak ada gitu:0:((:f

    ReplyDelete
  3. punya w juga ga da... gmana tuh caranya..?????

    ReplyDelete
  4. Bloggnya kerenn.. hehehe...
    ehh tpi kog gw ngga ketemu ya kode nya ya..?? gmna??? ehh truzz gw mw nanya juga... gmna nih cara bkin kayak blog kmu... (Paz gw buka blog kmu ehh tiba tiba mozillanya muter..)?? kereenn loh.. hehe :D

    ReplyDelete
  5. gmnaaa qLo codex ini g ketemu??

    >.<

    ReplyDelete
  6. mantap bgt ni blog nya..
    btw gw da coba, tp kodenya ga ketemu... kok bsa yaH??

    ReplyDelete
  7. wah keren boz....
    cuma gw da masalah nehh..
    postingan gw jadinya ada dua...
    gmn neh cara nya...?
    bantu dunk...
    ke email gw ja
    new_echo@yahoo.co.id
    thx ya boz

    ReplyDelete
  8. bos, ko read more'a g bsa sichhh, pdh dah d coba berkali2,,,,

    masalah'a napa ya ???? blz

    ReplyDelete
  9. Aditya Maulida MunggaranDecember 20, 2009 at 6:50 PM

    Boz, ko read more'a g bsa di pasang di blog gw, pdhl dah d coba berkali2,,,,
    malasah'a napa ya ????????

    ReplyDelete
  10. thanks tipnya ...
    kunjung ke blog aku ya
    http://mas=rahmat.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. mantap tapi aku belum ngerti..bantuin donk lebih jelas lagi

    ReplyDelete
  12. aduh gan, ane masih bingung nii,. bantuin lebih rinci yaa, biar bisa keren blog ane,. :D

    ReplyDelete
  13. wah... subhanallah,, emang keren banget banyak banget tutorialnya. numpang sahre artikelnya ya.. maklum, blog ane 4sahed.blogspot.com masih cupu,,

    ReplyDelete
  14. koq ga kTmu ya kode x,,,,jgn" di bhoNgin tuh....

    :)

    ReplyDelete
  15. punya gua udah jadi,,, tapi kok tulisannya jadi dua ya??? balas dong... lagi nulis nih...

    http://tipstrikkita.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. lho postingan gw koq jadi di gandain jadi dua di bwh tulisan read morenya blas donk jadi bingung nie gw....
    http://machisiz-test.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. Bos, bagi bagi dung script mozila yg muter2 kaya gitu biar tambah bagus blog aku (http://ryokaisar.blogspot.com)
    Tolong ya bozz dikirim ke emailku :
    ryo_flowers@yahoo.com
    Matursuwun - Trimakasih........

    ReplyDelete
  18. bro...............pas aku cari tidak di temukan bro.... gimana bro,,,,,??

    ReplyDelete
  19. klo ga ketemu,biasanya krn ud pernah di otak-atik html ny.. krn itu kode bawaan dr template. gw prnh liat ada tutorial yg hrs mengganti kode itu dgn kode yg nyaris sama pdhl beda..

    ReplyDelete
  20. bagus bagguss :D
    jangan lupa kunjungi blog aku yaaa????

    ReplyDelete
  21. Bos sebenernya bagus cara itu kalau mau dikembalikan seperti semula gmana cus aku cma latihan n mu cari cara yang gampang buat read more....
    hehehehe
    tlg di jawab ya
    mksh...

    ReplyDelete
  22. mantap banget bro blog nya,apalagi isi nya
    ampun suhu makasih

    ReplyDelete
  23. waduh ,, ane koq g jadi mz bro ,,,,,

    mlahan postingannya jadi double ,,,,

    ReplyDelete
  24. kok malah double ya..apa yang salah ya??

    ReplyDelete
  25. kenapa postingannya jadi double juga ya...apanya yang salah niiih boss????

    ReplyDelete
  26. mantap niee blog
    thx infonya(y)
    =D

    ReplyDelete
  27. nah klo yg ini..gmn bos...susah bikin read morenya

    ReplyDelete
  28. bos....gmna crab buat chat disini ..kyak punya kmu yg di ats kan...bls ya,,,,thx

    ReplyDelete
  29. q udh coba n b'hasil ad tulisan red More,, tp posting" nya ttp pnjang..
    gmn solusinya????

    ReplyDelete
  30. terima kasih q tlah berhasil buat read more

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. tp kok kl sama wak kecepetan yah...
    gimana cara pelanin nya?????

    ReplyDelete
  33. pusingggggggggggg tapi gk ada perubahan di blog ku.

    ReplyDelete
  34. kodenya koq g ktemu2 gan ???
    minta pnjelasannya, kirim ke FBq dja. Pliese...!!!
    milano sage / (m1l4n3ll0@rocketmail.com).

    ReplyDelete
  35. bang saya kok udah nyari berkali - kali engga ketemu - ketemu, padahal udah pake CTRL + F a.k.a Finf :binung:
    Tolong jawaban'a yha bang :maaf:

    ReplyDelete
  36. Gomawo infonya, aku berhasil :hore

    ReplyDelete
  37. :wow: keren gan tipsnya tp koq g da prubahan ya di b log ku ????? :bingung2

    ReplyDelete
  38. :bomb: :bomb: Ancoorrr Cekiprit. . .:marah: :marah:

    ReplyDelete
  39. manteb,, banyak pengetahuan dari sini,, blog ane jadi bagus, gara-gara dari sini nih :D :D
    mantab gan,, lanjutkan (y)

    ReplyDelete